Menilik 9 Desain dan Model Pagar Rumah Minimalis yang Kekinian

Menilik 9 Desain dan Model Pagar Rumah Minimalis yang Kekinian

Saat ini, pagar rumah menjadi salah satu bagian rumah yang dianggap penting dan banyak diperhatikan. Hal ini tentu tidak terlepas dari letaknya yang berada di depan rumah sehingga akan terlihat pertama kali. Berbagai model dan desain pagar rumah minimalis pun bermunculan dan menjadi pilihan.

Rekomendasi Desain Pagar Minimalis

Sebelum menentukan pagar yang cocok, tentu ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan. Tidak hanya dari segi bahan dan material, namun pastikan juga kondisi sekeliling rumah di mana jika berada di pemukiman padat penduduk, pilihlah pagar yang simpel dengan ukuran kecil hingga sedang.

Akan tetapi, apabila rumah Anda cocok dipasang model pagar yang lebih tinggi, tidak ada salahnya mencontoh beberapa rekomendasi desain dan model pagar berikut sebagai panduan. Berikut sejumlah desain yang bisa diaplikasikan.

1. Pagar lipat

pagar rumah minimalis - pagar lipat
Contoh design pagar lipat

 

Tahun ini, rumah bergaya minimalis seakan menjadi tren. Hal ini tentu berdampak pada berbagai desain interior maupun eksterior, salah satunya pagar rumah minimalis yang akan tetap terlihat maksimal meskipun lahan rumah terbatas.

Anda dapat memilih pagar lipat dengan model dan bahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kayu, besi, hingga berbagai kombinasi material bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat depan rumah Anda terlindungi.

Desain pagar lipat ini biasanya dibuat sedemikian rupa, baik dengan konsep dorong, swing, hingga geser. Anda juga dapat memilih pagar lipat dengan aksen dekoratif atau polos sesuai dengan kebutuhan dan cocok tidaknya dengan desain rumah keseluruhan.

2. Desain jaring-jaring

pagar rumah minimalis - jaring jaring
Design jaring-jaring pada pagar

 

Konsep desain jaring juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk pembatas rumah ini. Meski terlihat penuh, namun pada kenyataannya masih tetap terlihat minimalis dengan gaya kontemporer.

Desain jaring-jaring akan tetap bisa memaksimalkan keamanan rumah namun tidak banyak mengurangi akses jarak pandang ke rumah. Desain seperti ini juga sangat cocok buat Anda yang menginginkan konsep sirkulasi cahaya dan udara yang lebih lancar.

Pola pagar rumah minimalis yang satu ini dapat Anda sesuaikan dengan konsep yang simpel tanpa banyak tambahan aksen untuk memberi kesan minimalis. Gunakan juga warna netral seperti putih, hitam, atau abu untuk memberi kesan netral.

3. Konsep daun merambat

pagar rumah minimalis - daun merambat
Pagar dengan daun merambat yang sejuk

 

Konsep back to nature seakan menjadi tren yang sedang booming akhir-akhir ini. Begitu pula dengan desain pagar rumah yang bisa Anda coba dengan inspirasi alam, yakni desain pagar dengan daun-daun atau secara alami menggunakan tanaman rambat.

Pagar dengan daun-daunan ini akan memberi kesan alami dan natural, namun sekaligus indah jika ditata dengan baik. Selain tanaman rambat, konsep pagar rumah ini bisa menggunakan rumput sintetis sehingga cocok buat Anda yang tidak ingin merasa ribet dengan perawatan tanaman.

4. Pagar batu alam

pagar rumah minimalis - batu alam
Pagar dengan batu alam

 

Menggunakan batu-batuan alam bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat pagar rumah minimalis yang terkesan natural. Selain terlihat alami, pagar batu alam juga akan cenderung lebih terlihat ekonomis bahkan jika dibandingkan dengan semen yang harus dicat kembali.

Perpaduan batu alam dan besi juga bisa menjadi opsi yang menarik dan bahkan telah menjadi trending beberapa waktu terakhir. Perpaduan desain pagar seperti ini bisa menampilkan kesan kokoh dan aman namun tidak meninggalkan kesan natural.

Sejumlah material batu alam bisa dipilih untuk mendukung konsep pagar alami ini. Mulai dari batu candi, batu andesit, hingga batu limestone atau gamping. Yang perlu Anda perhatikan, beberapa jenis batu alam memiliki sifat mudah berlumut sehingga harus lebih telaten dibersihkan.

5. Model zen minimalis

Pagar rumah dengan desain Zen yang minimalis

 

Tren kembali ke alam alias konsep natural belakangan ini semakin marak. Konsep pagar rumah yang terlihat natural bisa dipadupadankan dengan konsep zen minimalis sehingga lebih menarik dan cocok bagi konsep rumah apapun.

Konsep zen minimalis ini sejatinya cukup simpel, yakni menggabungkan kayu polos, beton, dan kaca. Adapun kaca yang digunakan biasanya kaca bening tembus pandang sehingga dapat digunakan sebagai slot untuk “mengintip” ke luar rumah.

Bisa juga menggunakan konsep tempered glass sehingga memberikan efek daya tahan yang kuat. Fitur pagar rumah minimalis modern seperti ini tentunya akan memberi efek aman yang lebih sehingga Anda dapat melihat siapa saja yang sedang berada di luar.

6. Minimalis dengan wire mesh

Pagar wire mesh

 

Wire mesh merupakan jenis pagar dari kawat beton yang dianyam sedemikian rupa sehingga dapat membentuk lembaran maupun gulungan besar. Konsep pagar wire mesh ini akan membuat bagian rumah Anda terlihat lebih jelas karena disusun lebih jarang.

Buat Anda yang memiliki rumah bergaya industrial dan minimalis, pagar ini tentu akan cocok. Namun, pastikan Anda juga mempertimbangkan keamanan rumah karena area privasi yang sedikit lebih terbuka. Jangan lupa lapisi pagar rumah minimalis tersebut dengan lapisan anti karat sehingga lebih awet.

7. Pagar laser cut

Pagar dengan laser cut yang tampak modern

 

Pagar dengan konsep motif laser cut saat ini juga banyak dijadikan tren untuk rumah-rumah bergaya minimalis. Pagar ini terbuat dari lempengan baja yang dipotong sedemikian rupa menggunakan teknik laser hingga membentuk pola tertentu.

Anda dapat menggunakan motif abstrak, motif bunga, atau bentuk-bentuk geometri khusus untuk mempercantik pagar sehingga terlihat lebih estetik. Konsep elegan dan memukau akan terlihat dengan menggunakan motif yang unik dan modern. Bahkan cocok juga dengan Anda yang berjiwa seni tinggi.

8. Kesan privat dengan kaca blur

Pagar rumah dengan kaca yang di-Blur

 

Apabila Anda termasuk orang yang mengutamakan aspek privasi, menerapkan desain pagar rumah dengan lapisan kaca buram alias blur tentu bisa menjadi solusi yang ampuh. Kaca buram ini dapat dipadukan dengan besi untuk memberi kesan elegan pada pagar rumah minimalis Anda.

Kelebihan lain dari kaca blur ini adalah tahan terhadap segala cuaca, baik sewaktu panas terik maupun hujan. Bahkan, Anda dapat mengaplikasikan kaca blur ini pada pagar balkon di rumah Anda untuk memberikan kesan privat dan lebih personal.

9. Konsep pergola

Konsep Pergola yang apik dan sejuk dipandang

 

Pergola merupakan bagian rumah yang berdiri secara mandiri maupun digabung menjadi satu bagian dengan rumah. Pembuatan pergola ini sendiri lebih banyak memanfaatkan material seperti fiberglass hingga tanaman rambat sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih teduh.

Pada pengaplikasian pagar rumah, tambahan fitur pergola akan memberikan kesan eksklusif. Hal ini karena adanya desain berbentuk persegi dengan tambahan atap persegi panjang yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang lampu.

Penambahan pergola pada pagar juga akan memberi kesan minimalis. Namun, kesan estetik juga bisa ditambahkan dengan bentuk dan pola pada pergola sehingga terlihat lebih menarik.

Demikian sejumlah konsep pagar rumah minimalis yang bisa Anda aplikasikan untuk hunian kesayangan Anda. Pastikan kembali desain pagar yang digunakan cocok dengan kondisi rumah dan lingkungan sehingga tidak mengganggu sekitar Anda. Gunakan juga material berkualitas agar awet, ya!


Posted

in

by